Games

E-Sport Promotion

Format MSI 2018

Inilah format yang akan digunakan pada MSI 2018 dan penjelasannya

INTISARI

MSI akan menjadi turnamen yang beranggotakan 14 tim yang berasal dari 14 region dengan liga profesional mereka masing - masing.

Penempatan seed bagi masing-masing region akan ditentukan melalui prestasi mereka dalam ajang MSI dan Worlds dalam kurun 2 tahun terakhir.

Hasil pada MSI 2018 akan mempengaruhi penempatan seed pada Worlds 2018 bagi setiap region.

 

TIM

Pada MSI 2018, 14 tim akan bertanding dalam beberapa fase. Keempatbelas tim itu berasal dari region sebagai berikut:

  • Brazil (CBLOL)
  • Tiongkok (LPL)
  • Commonwealth of Independent States (LCL)
  • Eropa (EU LCS)
  • Jepang (LJL)
  • Korea (LCK)
  • Latin America - Utara (LLN)
  • Latin America - Selatan (CLS)
  • Amerika Utara (NA LCS)
  • Oseania (OPL)
  • Asia Tenggara (GPL)
  • Vietnam (VCS)
  • Taiwan, Hong Kong, Macau (LMS)
  • Turki (TCL)

 

SEEDING (PENEMPATAN)

Di MSI season ini, setiap tim akan ditempatkan sesuai dengan prestasi yang diperoleh region mereka pada event MSI dan Worlds dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Alasan mengapa penempatan setiap tim akan diukur sesuai dengan prestasi region mereka pada event MSI dan Worlds selama 2 tahun terakhir adalah:

Ketika menentukan penempatan tim, prioritas akan diberikan untuk hasil dari Worlds dan MSI. Pengambilan waktu 2 tahun terakhir memberikan indikasi kekuatan sebuah region pada saat ini. Evaluasi pada tiap region akan dilihat dari sejauh mana mereka berhasil dalam turnamen tersebut tidak peduli siapapun yang menjadi lawan mereka pada saat itu.

Dan inilah hasil yang telah dicapai tiap region dalam 2 tahun terakhir:

Dengan penambahan Vietnam, MSI kini menjadi event dengan 14 region berbeda. Babak Play-In akan tetap berlangsung dengan 10 tim, yang artinya 4 region sisanya akan memulai dari fase grup. 4 region terbaik dalam 2 tahun terakhir adalah KR, CN, EU dan NA. Walaupun LMS tampil lebih kuat di MSI 2017, mereka kalah dari NA di Worlds 2017, Worlds 2016 dan MSI 2016. Hasilnya, LMS akan mulai dari ronde kedua play-in, seperti tahun lalu.

Vietnam juga akan memulai dari ronde kedua play-in. Performa mereka di play-in dan fase grup Worlds 2017, serta MSI 2017, menempatkan diri mereka di depan BR, CIS, JPN, LAN, LAS, OCE, SEA dan TUR. Semua region tersebut secara signifikan dilewati oleh VN, kecuali TUR yang memiliki prestasi setara di Worlds 2017 namun lebih lemah di MSI 2017. 

 

FORMAT

Dua tim teratas dari masing-masing grup Play-In akan lolos ke babak Play-In Knockout untuk melawan antara LMS atau VN dalam format Best of 5. Dua pemenang dari masing-masing game tersebut akan lolos dari babak Play-In untuk berhadapan bersama LCK, LPL, NA dan EU dalam Group Stage. Format Group Stage akan tetap sama seperti tahun 2017 dengan 6 tim bertanding dalam format Round Robin Best of 1. Empat tim teratas akan melangkah ke babak Knockout Stage Bo5.

 

 

IMPLIKASI KE WORLDS 2018

Sama seperti tahun lalu, hasil MSI akan mempengaruhi penempatan seeding regional Worlds 2018.

Seperti tahun 2017, region teratas di MSI akan mengamankan seed top 4 di Group Stage Worlds. SElain itu, ranking tertinggi antara region BR, CIS, JPN, LAN, LAS, OCE, SEA, TUR dan VN akan memiliki tim perwakilan mereka di Group Stage. Jika ada dua region dari BR, CIS, JPN, LAN, LAS, OCE, SEA, TUR dan VN mendapatkan posisi top 4 di MSI, kedua tim perwakilan region mereka akan mendapatkan slot di Group Stage, dan juga menyesuaikan untuk Play-In, dengan region terburuk dari CN, EU, KR atau NA mendapatkan seed #2 mereka turun ke Worlds Play-In.